[SuaraLoggers] Keuntungan Menggunakan Cloud Storage di Masa Pandemik

 [SuaraLoggers] Keuntungan Menggunakan Cloud Storage di Masa Pandemik

Saat ini, seperti yang teman-teman ketahui, penyebaran coronavirus sedang ramai terjadi di Indonesia.Kita sebagai masyarakat diharuskan untuk melakukan self quarantine atau work from home(WFH) bagi karyawan. 

Tak hanya itu, sekolah dan universitas pun diliburkan dan menerapkan sistem belajar online dengan menggunkan layanan video conference

Selama masa self quarantine, beberapa dari kalian pasti banyak yang mengisi waktunya untuk mendownload film atau games.

Saking banyaknya film dan games yang kalian download, tanpa sadar ruang penyimpanan sudah hampir penuh.Maka mau tidak mau kalian harus menghapus beberapa file kalian bukan?.Namun bagaimana bila file yang tersimpan adalah berkas atau dokumen penting?. 

Bagi yang memiliki media storage cadangan pasti ini bukan masalah besar, tapi bagi mereka yang hanya menggunakan storage bawaan laptopnya pasti bimbang untuk memutuskannya. Tapi jangan khawatir, sekarang kalian bisa menggunakan 'cloud ctorage' lho!.

Apasih Media Cloud Storage Itu? 

Apasih Media Cloud Storage Itu?

Sebelum kalian menggunakan layanan cloud storage, berikut ada beberapa hal yang harus kalian pahami, antara lain : 
  • Cloud storage adalah metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan. Media penyimpanan ini membutuhkan koneksi internet untuk mengakses data yang kalian simpan di server. 
  • Metode ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding penyimpanan data pada memori fisik konvensional, antara lain: 
    • Data dapat diakses menggunakan perangkat apa pun dan di mana pun, asal tersambung dengan internet.
    • Kalian dapat membagi data di server ke teman kalian dengan cepat dan mudah.  
    • Keamanan dan keutuhan data terjamin. 
  • Sejumlah layanan cloud storage terkemuka menawarkan akses layanan secara gratis untuk kamu coba. Bila membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar, terdapat versi berbayar yang bisa kamu gunakan. 

Rekomendasi Cloud Storage Terbaik

Bagi kalian yang ingin menggunakan layanan cloud storage, berikut ada vendor cloud storage yang bisa digunakan oleh kalian, berikut daftarnya : 

1. Google Drive 


Google Drive adalah layanan penyimpanan data digital yang berasal dari perusahan besar Google. Media cloud storage ini di rilis pada 2012. Dengan aplikasi Google Drive, kalian bisa menyimpan berbagai jenis data kalian disini. 

Kalian pun dapat mengedit atau membagikan file dengan teman-teman kalian lho.Untuk versi gratisnya, pengguna diberikan kapasitas mencapai 15GB, dan bisa diupgrade sampai unlimited dengan GSuite.

Selain hadir dalam bentuk website, Google Drive juga menyediakan akses aplikasi yang dapat kalian unduh di Google Play Store untuk Android, dan AppStore untuk iOS.

2. DropBox  


Salah satu penyimpanan cloud terbaik dan banyak digunakan banyak orang sampai saat ini adalah Dropbox. Dropbox bisa diakses lewat PC/laptop dan smartphone. Untuk aplikasinya, dapat diunduh gratis di Google Play Store (Android) maupun Apple Store (iOS). 

Cloud storage ini memungkinkan kamu menyimpan banyak file dengan mudah dan aman. Kapasitas standar Dropbox sebesar 2 GB. Namun, kapasitas itu bisa ditambah hingga 18 GB, jika kamu berhasil mengajak (invite) teman-teman sebanyak 32 orang untuk menggunakan Dropbox. 

3. OneDrive Cloud 


Storage berikutnya datang dari Microsoft yaitu OneDrive. Sama dengan daftar sebelumnya, pengguna OneDrive dapat mengupload berbagai file dan mensinkronkannya dengan aman. OneDrive dapat digunakan secara gratis dan berbayar.

Di OneDrive Cloud pengguna diberi kapasitas penyimpanan gratis sebesar 7GB sampai 15GB.Kalian juga dapat menambah ruang penyimpanan lagi sebesar 5GB atau lebih dengan berlanganan atau menginvite orang untuk menggunakan OneDrive.

4. MEGA


Cloud storage terakhir yang saya rekomendasikan adalah MEGA.Aplikasi ini bisa dibilang cukup terkenal. Sebelumnya, layanan ini hanya bisa diakses lewat situs dengan nama megaupload.com.

Menurut saya ini adalah Cloud Storage terbaik, karena MEGA memberikan ruang penyimpanan sebesar 50 GB secara gratis untuk semua penggunanya.Berbagai jenis file dapat kalian simpan di MEGA, saya pribadi sudah lama menggunakan cloud storage yang satu ini. 

Itulah beberapa info seputar pengertian dan kelebihan dari cloud storage, hingga rekomendasi aplikasi terkait.Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. #STAYATHOME #STAYSAFE.


Penulis : Aldi Kamaludin, Universitas Trilogi, Teknik Informatika/18107004 
Editor   : Khatami Yasser

Tulisan ini merupakan kiriman dari pengguna sebagai konten #suaraloggers , semua ide dan isi sepenuhnya karya dari penulis.Tekloggers tidak bertanggung jawab atas isi konten yang dikirimkan.

Bagi kalian yang ingin mengirim tulisan opini dengan tema serupa seperti website ini, bisa mengklik ke halaman kontak dengan catatan konten yang dikirim tidak bermaksud untuk tujuan promosi.

Suka sama Artikel Kami Diatas?

Yuk Follow Juga Akun Sosial Media Kita Di Facebook dan Instagram.
Bantu juga Tekloggers untuk tetap hadir dengan Berdonasi.Yuk gabung, Tekloggers lagi butuh dua content writter nih

Online Store

Nyari Produk Digital? Dimari Aje BosQuh

Netflix Premium

Spotify Premium

Canva Pro

GDrive Unlimited