Pembuat 'SpongeBob Squarepants’ Stephen Hillenburg Meninggal pada usia 57

Pembuat 'SpongeBob Squarepants’ Stephen Hillenburg Meninggal pada usia 57
Stephen Hillenburg Meninggal

Tekloggers - Stephen Hillenburg, pencipta serial kartun Nickelodeon yang sangat populer yaitu "SpongeBob SquarePants," meninggal dunia pada hari Senin. Pada saat berusia 57 tahun.

Penyebab kematianya adalah penyakit yang ia idap sejak bulan Maret tahun lalu.

"Kami sangat sedih dengan berita bahwa Steve Hillenburg telah meninggal dunia setelah pertempuran dengan ALS," kata Nickelodeon.

 “Dia adalah seorang teman yang sangat dicintai dan mitra kreatif lama untuk semua orang di Nickelodeon, dan hati kami pergi ke seluruh keluarganya.

 Steve memberi tahu ‘SpongeBob SquarePants’ dengan rasa humor dan kepolosan unik yang telah membawa sukacita bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana pun. Karakternya yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan lama berdiri sebagai pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas. ”

Mengenal Hillenburg sang legenda kartun komedi


Hillenburg lulus dari Humboldt State University pada tahun 1984 dengan gelar sarjana dalam Perencanaan Sumber Daya Alam dan Interpretasi, dengan penekanan pada sumber daya laut.

Dia kemudian menjadi guru biologi kelautan di Orange County Marine Institute (sekarang Ocean Institute) di Dana Point, California. Ketertarikan ini, dikombinasikan dengan bakat seninya dan kecintaannya terhadap laut dan mahluknya, menuntunnya untuk menulis dan mengilustrasikan kisah sebagai alat pengajaran dengan karakter yang nantinya akan menjadi serial kartun bawah laut yang sangat lucu yaitu SpongeBob, Bikini Bottom.

Dia memulai karir animasinya pada tahun 1987, mengejar gelar dalam Experimental Animation di California Institute of Arts di Valencia dan mendapatkan gelar Master of Fine Arts pada tahun 1992.


Pada tahun yang sama ia memenangkan penghargaan untuk Konsep Animasi Terbaik di Festival Animasi Internasional Ottawa untuk "Wormholes" pendek beranimasi, yang kemudian ditampilkan di berbagai festival animasi internasional. Dari tahun 1993 hingga 1996 ia akan bekerja di televisi sebagai sutradara dan penulis pada seri Nickelodeon "Kehidupan Modern Rocko."

Dari sana, ia mulai bekerja penuh waktu dalam menulis memproduksi, dan mengarahkan pada serial animasi yang pada akhirnya akan menjadi "SpongeBob SquarePants." Episode pertama ditayangkan pada Nickelodeon pada tanggal 1 Mei 1999 dan seri tersebut dimulai secara penuh pada 17 Juli.

Serial kartun Spongebob sudah menayangkan hampir 250 episode hingga saat ini.Bukan cuma itu kartun Spongebob bukan hanya menarik dan di minati bagi anak anak tetapi juga pemirsa yang lebih tua.

Serial ini telah memenangkan penghargaan di AS dan Penghargaan Emmy Inggris, Penghargaan Annie, dan ASACP Awards dan telah disetui untuk diberi subtitle dalam lebih dari 60 bahasa, termasuk Urdu, Azerbaijan dan Maori.

Hillenburg juga pernah menulis dan mengangkat serial Kartun SpongeBob ini ke layar lebar yang berjudul "The SpongeBob SquarePants Movie," yang dirilis pada tahun 2004 .

Kemudian ia menulis cerita lanjutnta dan merilis sekuel "The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water," pada tahun 2015.

Hillenburg  karena ia dikenal keluarga, teman, dan penggemar - lahir 21 Agustus 1961, di Fort Sill di Lawton, Oklahoma.

Ayahnya seorang mantan militer bernama Kelly N.Hillenburg, Jr. yang akhirnya menjadi juru gambar dan perancang untuk perusahaan pesawat terbang. Ibunya, Nancy, mengajar siswa yang mengalami gangguan penglihatan.

Yaa , semoga saja karya yang ia buatnya tetap terkenang bahkan berkembng dari generasi ke generasi 😭.

Suka sama Artikel Kami Diatas?

Yuk Follow Juga Akun Sosial Media Kita Di Facebook dan Instagram.
Bantu juga Tekloggers untuk tetap hadir dengan Berdonasi.Yuk gabung, Tekloggers lagi butuh dua content writter nih

Online Store

Nyari Produk Digital? Dimari Aje BosQuh

Netflix Premium

Spotify Premium

Canva Pro

GDrive Unlimited